Jumat, 21 Oktober 2011

Melukis Cahaya

Bogor.. ahhh, seperti biasa, cucanya tidak bisa diprediksi..
contohnya hari ini.. pas tengah hari panas, eh giliran sore ujan deressss banget.. disertai angin, banyak pohon pada tumbang..

karena hujan itu pula, gw balik dari kampus sedikit lebih sore, itupun tetep judulnya pulang dengan ujan-ujanan..

udah gitu setelah nyampe rumah, ternyata mati listrik.. hmmm.. gelap gulita nih.. cuma bisa bengong, melongo maenin hp..
pas lagi maenin hp, muter2in hp, eh kok bagus ya? tiba2 gw keinget tentang melukis cahaya..
cepet2 gw ambil kamera dan tripod.. tapi gw sempet bingung nih nyaris sumber cahayanya.. mau pake senter, gw mikir2 ini apa ga kegedean ya? hmm.. sedikit kegedean sih.. kembali gw cari2 sumber cahaya.. pertama2, gw pake hp (cahaya dari layar hp), tapi untuk nulis2 ga enak, coz si cahaya ga bisa diatur untuk hidup-mati jadi tulisannya harus dibikin sambung..
kembali gw cari2 sumber cahaya.. ting... gw nemu korek api gas yang ada LED-nya.. so, gw pake ni lampu LED sebagai sumber cahayanya..
hasilnya :
























ngeliat gitar tergeletak, yah, gw lukis aja pinggir2nya .. hihi..


target gw selanjutnya adalah kursi ini.. kembali gw lukis di sepanjang garis luarnya aja.. *jadi kaya kursi listrik ya?! :D

mulai deh nulis2 ga jelas.. hahaha..


berkali2 nyoba bikin bentuk.. mulai dari hati, api, kotak2 (ceritanya mau bikin city light gitu), sampe coba2 bikin sayap tapi ga berhasil2, akhirnya gw cabut ke desa konoha untuk belajar jurus rahasia naruto.. RASENGAN!!! hahahaha.. << mulai gajebo


















ah, ternyata lukis cahaya itu susah banget ya.. apalagi kalo dilakuin sendiri.. iya, SENDIRI.. gw bikin foto2 diatas itu bener2 sendiri.. cuma dibantu sama tripod.. makannya, hasilnya juga cuma gitu2 aja.. berkali2 nyoba2 bikiin yang laen, tapi kalo yang auto paling lama cuma bisa buka 30 detik, sedangkan untuk bikin bentuk2 yang lebih kompleks, perlu waktu lebih dari 30 detik, jadi harus pake bulp (minimal harus ada 2 orang lah).. udah gitu ga gampang pula bikin polanya..

akhirnya stress deh gw ga bisa bikin apa2.. bikin lampu kedap kedip gajebo deh.. hahahaha..

yah, namanya juga iseng2.. daripada ga ada kerjaan pas mati lampu, jadi gw iseng2 aja bikin ginian.. ntar belajar bikin bentuk2 yang lain aah, nyari inspirasi bentuk yang dibuat plus lampu2 yang dipake.. disini gw cuma pake korek api gas yang harganya dua rebuan.. hahahahaha..

4 komentar:

  1. yang tulisan nama nya kereeen!! kalo pake bulp pasti bisa ngelukis lebih banyak yaa? Oiya coba lo cek komunitas "I Light This" deh jay, mereka suka bagi2 tips&trik melukis cahaya, kemaren2 jg pada hunting tuh di bogor! :D

    BalasHapus
  2. iya om.. kalo di bulp, bisa sesuka hati deh mau bikin bentuk apapun.. tapi seperti gw bilang diatas, gw bikinnya sendiri.. kalo gw yang neken shutter-nya, siapa yang bikin bentuk2nya? klo gw yang bikin bentuknya, terus siapa yang mencet shutter-nya? -_-"

    BalasHapus
  3. huahahaha.. susah yam.. itu nulis nama aja nulisnya harus di miror.. soalnya kalo kaya nulis biasa, yang kanan jadi ke kiri, yang kiri jadi ke kanan, huruf "d" juga jadi "b".. harus latihan nulis arab dibalik dulu yam.. hahahaha.. :D

    BalasHapus