Sabtu, 03 September 2011

Nuansa Bali di Tanah Pajajaran

pertama2, saya mau mengucapkan


"Minal Aidin Walfaidzin"
mohon dimaafkan bila saya ada salah baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja...



oke, hari ini hari jum'at.. hari ketiga di bulan Syawal.. biasanya kita sekeluarga melakukan tradisi mudik lebaran, tapi taun ini nggak.. hiks sedih juga sih.. lebaran jadi berasa ada yang kurang.. jadi untuk menutup rasa bosan, di pagi yang lumayan cerah di hari jum'at ini, gw memutuskan untuk jalan2 bersama motor yang selalu setia menemani kemanapun aku pergi.. (ahahay.. melow gila :p )


pagi itu, gw berangkat sekitar pukul 08.00 WIB.. Rencananya sih gw mau pergi ke bale2 pinggir sawah yang ada di daerah deket curug nangka.. motor pun melaju.. gw kesana lewat rute Cibeureum-Petir-Situ Uncal..


walaupun perjalanan sedikit jauh, tapi suguhan pemandangan selama perjalanan membuat gw berenti berkali2 untuk menangkap gambar pemandangan kaki gunung salak..



*maaf ga bisa ditunjukin semua.. kebanyakan.. hehehe..

Okeh, setelah beberapa puluh menit perjalanan, beribu2 kali (<< lebay) berenti buat ngambil gambar, akhirnya gw sampe di bale2 tersebut.. namun apa yang terjadi?? ternyata gw sedikit kecewa.. biasanya dari sini keliatan bogor city viewnya.. tapi pas gw nyampe sana, entah karena apa, kayaknya cityview bogornya terhalang semacam kabut ato apalah gw ga ngerti.. yang pasti pemandangannya ga keliatan.. putih gitu.. hmm.. warung2 yang biasanya nyediain kopi atau cemilan2 dan segala macamnya, pada sepi.. bahkan ada yang belom buka.. mungkin karena lebaran kali ya?!

ah, salah hari nih pikir gw.. tapi masa gw balik lagi?! akhirnya gw memutuskan untuk naik lagi ke arah curug nangka.. setelah sampai persimpangan, gw mikir ah lanjut ke pura ah..
memang disitu ada pura yang namanya Pura Parahyangan Agung Jagatkarttya yang berada di Kampung Warung Loak, desa Taman Sari, Kelurahan Ciapus.

kali ini memang bukan kali pertama gw kesana.. sebelumnya gw emang beberapa kali pernah ke lokasi ini.. di lokasi ini tenang banget, jadi kalo lagi banyak pikiran, gw emang suka kesana menikmati pemandangan gunung salak sambil merasakan sejuknya udara di sana (menggalau) hehehe..

jalan menuju pura ini memang agak rusak dan menanjak, jadi ketika berangkat menuju kesana, motor gw agak ngos-ngosan.. kasian juga motor gw diforsir sampe segitunya (maap ya sayang).. tapi begitu sampe sana, hmmm... bete gara2 jalanan rusak yang nanjak langsung ilang seketika..

ni, beberapa gambar yang berhasil gw ambil :




yang bikin keren adalah lokasi pura yang persis membelakangi gunung salak.. jadi saat kita menghadap ke pura, maka di belakang pura itu terlihat pemandangan gunung salak, sehingga tampak background yang sangat asri saat melihat pura tersebut..




Gambar diatas adalah gambar gerbang menuju kemerdekaan Republik Indonesia.. Yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur... loh??!!!!! becanda ding.. itu adalah gerbang menuju tempat peribadatan.. pintu itu tertutup selain untuk sembahyang.. yang boleh masuk cuma yang mau sembahyang, jadi gw ga boleh masuk.. hiks..




bagaimana??? sudah cukup "bali" kah?? dan denger2, katanya ini adalah pura terbesar di indonesia yang berada diluar pulau Bali (CMIIW).. hmm.. interesting.. overall, dengan segala ketenangan suasana, kesejukan, dan suguhan pemandangan gunung salaknya, lokasi ini sangat bagus untuk dikunjungi.. namun kita harus ingat, ini adalah tempat ibadah, bukan tempat rekreasi.. jadi jaga ketenangan dan kebersihan.. jangan membuat gaduh, khususnya ketika sedang ada yang bersembahyang.. 



Jadi segitulah perjalanan gw menuju pura parahyangan agung..
sebenernya jalanan (yang kata gw nanjak dan rusak) menuju kesana juga sangat bernuansa bali.. kiri kanan banyak rumah atau villa (gw ga tau) yang bali banget.. tapi ga sempet gw foto.. ga mood gara2 jalan yang rusak dan nanjak.. hehehe..


ntar gw share lagi deh pengalaman2 gw dan perjalanan (jalan2) yang telah gw lalui.. ga cuma di lokasi ini.. mungkin di sana, di sono, atau bahkan di kota anda!!! geuleuh banget si.. hahahaha..

3 komentar:

  1. nice post! ciee,,blajar moto yaa skrg? sip lah,,keep posting! btw mau liat bagian dalemnya Pura? mampir ke lapak gw yang lama: http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2011/01/06/pura-parahyangan-agung-jagatkarttya-sepotong-bali-di-kota-hujan/
    mumpung belum di bredel sama adminnya :)

    BalasHapus
  2. yoi.. hehehe.. sebenernya gw pernah masuk ke dalemnya man.. waktu itu lagi sepi terus lagi ga ada acara.. kemaren pas gw kesana lagi rame yang sembahyang, jadi ga dibolehin masuk.. rame banget dah kemaren itu.. banyak mobil yang plat nomernya dua huruf.. ga tau dah dari mana aja tuh..

    BalasHapus
  3. Fajar: plat DK ,AB ato AD mngkin. Rata" orang jawa tngah, timur, bali sama yogya yg smbhyg kesana.

    BalasHapus