Jumat, 14 Oktober 2011

Belajar Panning

Beberapa hari yang lalu, gw ada acara kumpul ama temen2 di salah satu rumah makan yang menyajikan sushi.. after that, kita menuju botani square dengan berjalan kaki..

di tengah jalan, ada temen gw minta foto.. dan gw keluarin lah kamera gw.. setelah foto2 di pinggir jalan, gw inget kalo salah satu temen gw ini pernah belajar fotografi.. hmm, mumpung di pinggir jalan, gw minta ajarin+contohin teknik panning..

sebelum gw lanjut, gw jelasin dulu ya panning itu apaan (diambil dari berbagai sumber).
Panning adalah cara lain untuk memberikan kesan gerak pada foto. Ketika melakukan panning, Anda mengikuti subjek selama eksposure. Jika terlaksana dengan baik, hasilnya menjadikan subjek menjadi relatif lebih tajam dibandingkan dengan backgroundnya yang hampir sepenuhnya blur. Jarang dihasilkan subjek yang sepenuhnya tajam. Namun, beberapa bagian subjek yang mengalami blur justru memperkuat kesan gerak dari foto. (http://click-shutter.blogspot.com/2010/11/teknik-panning.html)


intinya, kita mencoba untuk mengambil gambar suatu objek bergerak (kendaraan)..
teorinya memang sederhana, tapi prakteknya lumayan bikin kesel juga, karena ternyata sangat sulit untuk mengikuti gerakan objek.. sulit banget untuk menempatkan objek biar berada di tengah.. kadang kita terlalu cepat bergerak, atau bahkan kita ketinggalan yang bikin si objek jadi terlalu berada di sebelah kiri gambar, terlalu ke kanan, atau bahkan hanya setengah yang dapet.. hahahaha..


selain itu, kita perlu bereksperimen dengan shutter speed.. jika terlalu lama, gambar akan amat sangat blur, namun jika terlalu cepat, maka yang terjadi, kita tidak mendapatkan efek blurr background, sehingga gambar menjadi freeze motion.
idealnya, shutter speed berkisar diantara 1/160 sampai 1/60 tergantung kecepatan objek yang bergerak.. semakin cepat gerakan objek, maka shutter speed semakin cepat pula..


oh iya, satu lagi yang dapat mendukung kualitas gambar adalah tripod.. karena pergerakan yang dibutuhkan disini adalah pergerakan kamera mengikuti objek yang bergerak secara horizontal.. jadi untuk menhindari gerakan vertikal yang kurang perlu, sebaiknya menggunakan tripod..

contoh gambar panning yang kemaren gw ambil :



data foto :
Kamera : Nikon D3100
Lensa : AF-S NIKORR 18-55mm VR (Lensa KIT)
Speed : 1/60
Diafragma : f/4.2


itu adalah hasil terbaik gw.. and you know what? ini aja masih belom bisa dibilang berhasil, karena bila di zoom sampe berkali2, si objek masih mengalami "sedikit" blur..


memang semua butuh proses..
masih harus sering belajar dan coba2.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar